Selasa, 24 April 2012

APA ITU SD (Secure Digital) CARD?


Macam2 class SD card

Banyak orang yang nanya “Apa sih Class SD card, dan cara mengetahui Class SD card gimana?” Jawab: SD card class adalah kecepatan tulis (writing speeds) dari sebuah SD card, baik itu Mini SD, Micro SD, maupun SD card ukuran biasa.
Class SD card ditentukan cuma dari kecepatan tulisnya dan bukan kecepatan bacanya (read speed). Yang dimaksud kecepatan tulis adalah kecepatan sebuah SD card untuk menyimpan data-data saat proses transfer data atau penyimpanan file berlangsung.
SD card class awalnya dibuat atas kebutuhan dari perusahaan kamera dan video digital. Perangkat kamera dan video digital membutuhkan SD card yang memiliki kecepatan tulis tinggi agar pada saat penyimpanan data dan video (prosesrecording) dapat berjalan lancar. Kalo sebuah video recorder menggunakan SD card yang kecepatan tulisnya dibawah standar dari yang ditentukan, maka pada saat proses recording, video akan terlihat patah-patah, atau bahkan gagal melakukan perekaman.
Class SD card yang biasa dipake adalah SD Card Class 2, SD Card Class 4, SD Card Class 6 dan SD Card Class 10. SD Card Class 2 berarti punya kecepatan tulis minimal 2 MB/s (2 MB per detik), SD Card class 4 punya kecepatan tulis minimal 4MB/s dan seterusnya.
Sebagai contoh untuk dapat lebih mudah mengetahui kecepatan tulis, misalnya Lo mau mentransfer file sebesar 100 MB ke SD card, kalo lo make SD Card Class 4, maka (kurang lebih) waktu yang dibutuhkan untuk proses transfer = 100:= 25 second (detik). Kalo pake SD card class 2, maka waktu yang dibutuhkan adalah 100:2 = 50 s (detik) atau dua kali lipatnya.
Sebagai informasi, kecepatan tulis ini juga dipengaruhi oleh media perantara antara SD card dengan perangkat digital yang digunakan. Sebagai contoh, misalnya Lo mau mentransfer file dari komputer ke micro SD class 4 yang ada di handphone Lo pake kabel data, maka kualitas kabel data yang dipake juga berpengaruh terhadap kecepatan tulisnya. Walaupun SD card punya kecepatan tulis tinggi, tapi kalo kabel data yang dipake kualitasnya buruk, maka kecepatan tulisnya juga buruk, malahan kemungkinan besar dibawah 4 MB/s.
Bagaimana mengetahui class SD card?
Cukup banyak penjual yang ngga tau class SD card. Contohnya beberapa saat yang lalu waktu gue mau beli micro SD Class 6, waktu gue tanya apa ada SD card class 6, mayoritas malah nanya balik ke gue apa itu class SD card? Bahkan ada penjual waktu ditanya class SD card,  di jawab dengan bangganya kalo SD card itu kelas satu :D
Makanya, lo perlu tau cara mengetahui class SD card yang dijual. Informasi class SD card biasa ditulis di kotak penjualan dan juga di badan SD card itu. Informasi Class SD card adalah angka di dalam huruf C yang hampir berbentuk seperti lingkaran. Lebih jelasnya bisa diliat pada contoh gambar lambang SD card class 6 dibawah. Kalo SD card class 10, maka angka yang tertera adalah angka 10.
pengertian sd card class
Lambang SD Card Class 6
SD card class 2 pada umumnya tidak dituliskan class-nya. Sehingga kalo lo nggak nemu lambang class SD card kayak gambar diatas, maka kemungkinan SD card tersebut adalah SD card class 2 atau kecepatan tulisnya belum ditentukan atau terstandarisasi.
Sebagai informasi, SD card class 2 walau punya kecepatan tulis (write speed) kurang cepat, namun bisa saja memiliki kecepatan baca (read speed) yang tinggi, hingga 15 MB/s lebih. Oleh karena itu, banyak pengguna handphone yang sebelumnya menggunakan micro SD class 2 lalu membeli micro SD class 6 tidak terlalu merasakan perbedaan performa handphonenya, karena bisa saja antara SD card class 6 dengan SD card yang memiliki class dibawahnya memiliki kecepatan baca yang tidak terlalu berbeda.
Kecepatan baca berguna saat perangkat digital sedang membaca file atau data-data yang kesimpan di SD card, misalnya waktu lo melihat-lihat gambar yang tersimpan di SD card menggunakan handphone. Kalo kecepatan SD card memiliki kecepatan baca rendah, maka pada saat melihat-lihat foto yang tersimpan, proses loading jadi lebih lama atau lambat.
Kalo lo pake tablet atau handphone Android, Lo bisa meningkatkan kecepatan baca SD card dengan menggunakan aplikasi SD booster.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))